News
Loading...

Kredit Rumah Tanpa DP Masih Menjadi Problematika

Tetap akan menjadi perdebatan apabila untuk memudahkan masyarakat memiliki rumah dengan cara kredit rumah tanpa DP. Kebutuhan rumah murah di tengah masyarakat yang berada di perkotaan sempat menjadi sebuah usulan. Akan tetapi mewujudkan rumah dengan cara kredit tanpa DP apalagi dikota besar sepeerti Jakarta, cara ini merupakan sebuah aturan yang salah. Karena dilihat berdasarkan peraturan hokum kepemilikan rumah yang telah diatur dalam Peraturan Gubernur Bank Indonesia tentang Rasio Loan to Value yang menyatakan bahwa uang muka yang di bayarkan dari jenis rumah yang diakuisisi minimal memilliki 15 persen.

Ternyata Kredit rumah tanpa DP juga bisa memunculkan berbagai macam risiko yang tidak kita duga. Jika dilihat dengan skala kecil dan sudut pandang untuk masyarakat maka kredit rumah tanpa DP memang akan bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membeli rumah. akan tetapi, apabila dilihat dengan skala besar, maka cara ini akan membuat sistem perbankan menjadi tidak terkendali. Seperti contoh, jika kredit untuk membeli rumah tanpa DP diberlakukan maka kepemilikan debitur akan kredit rumah akan menjadi rendah karena ini berterkaitan dengan besar cicilan dan kemampuan membayar dari debitur terhadap rumah yang dibeli. Dan kemudian apabila DP berada di angka nol atau tanpa “uang panjar” maka jumlah cicilan yang akan dibayarkan oleh debitur pun semakin besar, bahkan hingga kredit lunas. Dan hal ini masih belum termasuk bunga cicilan tersebut.
Kredit Rumah Tanpa DP
Kredit Rumah Tanpa DP
Karena kebutuhan dari setiap masyarakat berbeda - beda, diantaranya adalah membayar biaya pendidikan kesehatan, dan lain-lain. Pembuat kebijakan seharusnya mengantisipasi Risiko seperti perkreditan tanah ini. Sehingga jika diterapkannya kebijakan kredit rumah tanpa DP ini justru akan mejadikan masyarakat tidak mampu membayar cicilannya dengan baik serta tepat waktu.

Apabila hal ini terjadi pada sekitar 10.000.000 penduduk Jakarta, maka bisa dipastikan sekali kredit pembayaran akan macet. Karena tidak mampu menjaga stabilitas kredit yang sudah diberikan maka dalam skala besar, kegiatan perbankan pun akan bermasalah. Dan ada hal yang menarik dengan kredit rumah tanpa DP. Kredit rumah tanpa DP  banyak dijadikan sebagai promosi.ebagai contoh, kredit rumah tanpa dp di bekasi, kredit rumah tanpa dp di depok, kredit rumah tanpa dp di tangerang, kredit rumah tanpa dp di tangerang selatan.

Share on Google Plus

About New Hiver

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar

IBX58B48762695D0